Tonie Hida. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blog Archive

Cari Blog Ini

Pages

Pengikut

About

Cerpen Unik : Let's Kick Your Darling






Trouble is your best friend

It makes you stronger and more understanding about life

Masalah adalah sahabat terbaikmu

Dia menjadikanmu lebih kuat dan lebih mengerti tentangkehidupan



**********


BAB I


Man Selling Doll

Sebut saja namanya Manang, diaberprofesi sebagai penjual boneka di salah satu toko, kota Purwokerto. diaadalah pemuda biasa dari kalangan biasa . tidak tampan dan tidak mapan.

Kriteria seperti diatas mungkin sangattidak menarik bagi sebagian wanita, belum lagi warna kulit Manang yangcenderung kehitaman. makin susah lah bagi dia untuk mendapatkan pasangan.

Berkali-kali dia menyatakan cinta padawanita. berkali-kali pula dia merasa kecewa karena cinta, cinta yang bertepuksebelah saja, cinta yang memandang harta dan rupa.


" Kamu nyadar gak sih? , harusnyakamu itu ngaca udah jelek, item, dekil, hidup lagi, mana mungkin cewek secantikaku mau sama kamu. . . . . . iiuuuuuuhhh, lihat muka kamu aja bikin udah eneg,jauh-jauh gih sana !" kata cewek itu memaki Manang seenak jidat.

" Tapi aku sayang kamu. . . . ..Aku sudah lama sayang sama kamu" kata Manang memelas

" Sayang-sayang palamupeyang.........cuuuuuiiiiiihhhh" dengan hina-nya wanita itu meludahiManang lalu mendorongnya hingga Manang jatuh terjerembab ke tanah. sadismemang, wanita itu sungguh merendahkan harga diri Manang hanya karena iabertampang pas-pas an dan tidak berharta pula.


Manang tidak marah atas perlakuan wanita itu, ia justru malah mendoakan wanitaitu dengan hal yang baik. ia berprasangka baik atas apa yang menimpanya.

"Mungkin aku memang salah,mungkin Tuhan telah mentakdirkan wanita lain untuk menjadi pasanganhidupku" kata Manang seraya pergi menilnggalkan rumah gadis impiannyatersebut, meski berat dan susah hati namun ia harus segera melupakannya.


Melupakan untuk selama-lamanya.




*****************


 BAB II


CMBK ( Cinta Monyet Belum Kelar )

Satu bulan telah berlalu selepasperistiwa penolakan terakhir, Manang mulai bergerak menjauh dari kenangan pahitsatu bulan lalu. Dialah Risa wanita yang membuat hari-hari Manang lebih ceria,dia adalah pelanggan setia sekaligus teman Manang semasa duduk di bangku SD.

Risa adalah cinta monyet Manang yangtak tersampaikan bahkan sampai saat ini. Risa begitu cantik , tubuhnyalangsing, kulitnya putih dan hidungnya mancung perfect banget dah kalau kataanak jaman sekarang. sifatnya yang supel dan ramah membuat ia dikenal dandisukai banyak orang termasuk Manang yang memang sudah jatuh hati duluan. jauhsebelum orang-orang mengenal Risa yang sekarang.

Sedikit Naas memang, tapi itulahManang ia hanya bisa menggaguminya secara sembunyi-sembunyi, bagi diamelihatnya tersenyum saja sudah merupakan pemandangan indah. apalagi kalau bisadekat waaah alhamdullilah sekali tuh cerita Manang kepadaku.

" Yaelahh dari jaman SD sampesecarang cuma jadi penggemar rahasia apa kata dunia hahaha" ucapku sambilcengengesan.

"Ah, jahat kamu Ton, bantuin ataugimana kek" gerutu Manang penuh emosi

"Ya habisnya kamu main belakanglayar mulu sih, maju dong dull, cinta kan butuh keberanian, masa iya sih maugini terus...tar sampai tua ente gak laku-laku loh, Hiiiiiii.....Sereeemmm"

"Sialan kamu Ton, udahahh...capek curhat sama kamu" Manang berlalu meninggalkanku denganekspresi super dongkol

"Hahahahaa...." Aku tertawamelihat tingkah Manang yang sepertinya mulai khawatir atas ucapanku barusan.

Biarlaah...biarlah kata-kataku meresapkedalam kalbunya, biarkan saja dia berpikir kalau cinta ya harus diungkapkan,jangan hanya diam menunggu keajaiban datang. niatku itu baik kok, Aku inginkamu maju....aku ingin melihat kamu bahagia dengan orang yang kamu cintai. akurasa kamu cocok dapat pendamping yang baik karena kamu memang orang baik.


Semangatlah kawan!! kamu bukanpecundang, kamu adalah sang kesatria, kesatria cinta.

***


Hari berikutnya saat aku tak sengajamelintas di depan toko Manang, aku melihat sesuatu yang tidak biasa. sesuatuyang jarang terjadi . yah aku melihat Manang mengobrol akrab dengan seorangwanita. wanita yang cantik luar biasa

Mungkinkah itu Risa yang selalu Manangbanggakan. kalau iya berarti Manang sudah selangkah lebih maju. setidaknyauntuk saat ini.

Teruskan kawan. . . .teruskanperjuanganmu. . . . .buatlah dia menjadi milikmu. . . . . .perjuangan ituperlu.

Ulat bulu saja berjuang agar bisamenjadi kupu-kupu yang indah dan disukai banyak orang, jadilah kuat nan keras layaknyakepompong lalu bersabarlah suatu saat nanti kau pasti indah pada waktunya.
                                                                                                                         
Indah seperti sang kupu-kupu yangterbang bebas di angkasa raya.

*************

BAB III


I Don't Understand ( Why )


Hawa panas menyeruak keseluruh penjururuang sempit berukuran 3x5 meter di pinggir jalan kota purwokerto, distulah Akudan Manang biasa menghabiskan waktu dikala sedang bosan atau senggang Aku dudukdisebelah Manang sebagai Rekan duetnya di player dua.

Tombol start ditekan dan game pundimulai suasana santai beralih menjadi tegang, bimbang, namun penuhkonsentrasi. . .salah langkah saja mungkin akan berakibat fatal jadibenar-benar harus fokus-fokus-foooo.....??


" Woi, , ,ngapain kamu dull? itugamenya udah dimulai , malah cengar-cengir gak jelas. . .gimana sih "kataku teriak sambil menyenggol bahu gempal Manang.

" Eh. . .iyaa apa?? Risa. . .iyaRisa itu cantik banget kaya bidadari " katanya setengah teriak lalu iakembali hanyut dalam lamunan asik siang bolong. tatapannya kosong mulutmengganga lebar hingga tanpa sadar baju tim bola kesayangan Manang telah basahpenuh air liur.

" Bocah Gemblung cinta sih cinta.. . .tapi engga gini juga kali??!! sampai karpet-karpetnya juga kena imbas liurhinamu " gerutuku sambil menarik kursi yang kududuki agar sedikit menjauhdari kursi Manang, aku takut terkontaminasi air liur Manang yang mungkinmengandung sejenis bakteri H5N7. kan gak lucu kalau aku mati sekarang. akumasih bujang. bujang yang belum pernah merasakan indahnya mahligai rumahtangga.



* Game over, You lose !! * Suara kerasmesin game menggagetkankun yang sedari tadi ikut tidak konsen gara-gara sibukmenyadarkan manang dari lamunan begonya. sudah digoyangkan ke kiri kanan depanbelakang masih belum sadar juga..susah memang nyadarin orang yang lagi jatuhcintrong. penginnya melamun mulu kali ya.


Mau diteruskan main gamenya jugapercuma, player satu sedang tidak konek, ya sudah akhirnya aku letakanjoystickku dan memulai obrolan santai dengan Manang.

" Kamu masih mikirin cewek bajubiru kemarin ya. . . " aku membuka obrolan.

" Si baju biru kemarin Risa kan?" pancingku

" Hooooooh Ton . . Dia membuatkususah tidur, susah makan, bahkan susah boker " semangat Manang mendadakberkobar ketika aku menyinggung soal Risa

" Terus PDKT mu udah sejauh mana. . .? " tanyaku langsung ke intinya

" Masih sama Ton. . " Manangterdiam sejenak lalu melanjutkan perkataannya dengan nada lemas " masihsebatas pelanggan dan penjual "

" Udah.. ..gak usah terlaludipikirin, yang penting usaha dulu. . hasil nomor dua..aku tau kamu mampu kokheheee" hiburku seraya menepuk-nepuk pundak Manang yang mulai gelisah.

" Thanks Ton, kamu memang yangterbaik" Manang mengacungkan dua jempolnya

" Tentu saja, Tonie gitu loh, ohya nanti rental sama cemilannya kamu yang bayar ya dull hahahahha"

" Sialan U2MG kamu Ton"cletuk Manang kesal

" Apaan tuh, artinya Tonieganteng ya hahahha"

"Ye pede U2MG itu Ujung-ujungnyaMinta Gratisan....Huuuu"

" Hahahaaa...." kami tertawabersama, begitulah yang namanya sahabat saling berbagi tawa canda, aku inginselalu menjadi temanmu dull, teman terbaikmu. berkat jasa dan perhatiankeluargamu aku masih bisa tertawa seperti ini. aku sungguh berhutang budi.


Lelah setelah seharian bermain game,Manang mengajak ke toko miliknya dia berkata padaku bahwa barang dari suplierBandung sudah tiba di purwokerto sekitar setengah jam lalu. kami dimintamenunggu di depan toko sekitar pukul dua nanti. itu artinya dua puluh menitdari sekarang. karena ini hari sabtu maka semua karyawan Manang libur. Alhasilditariklah aku sebagai tenaga cadangan. sukses besar nih si Manang sampaimendatangkan suplier dari bandung, padahal kemarin tokonya masih ecek-ecek tapisekarang sudah Supeer sekali. rejeki memang gak kemana kok.


Dengan langkah terburu Manang terusmemacu motor maticnya sampai di kecepatan maksimal, mengingat jarak dari Rentalgame ke toko Manang lumayan jauh. Paling tidak Manang harus sudah ada di depantoko sepuluh menit sebelum mobil suplier datang begitulah kata Manang padaku.

"Les's Goooooooo" seruManang semangat

*Ngeeeeeeeeeeeeeeeeengg.......!!*




15 Menit Kemudian


" Criiiiiittt !!! Manangmelakukan pengereman tajam didepan toko hingga nyaris membuatku terplantingjatuh ke aspal jalan.

" Bangke kamu dull. . .Ngagetinaja, untung aku gak punya penyakit jantung, coba kalau punya pasti aku sudahtewas seketika " omelku kesal. bukannya minta maaf atau apa Manang malahancengengessan gak jelas. . .Dasar Gatull, sekalinya pekok tetap saja pekok." huuuh" aku menarik nafas pelan lalu menghembuskannya dengan pelanpula begitu seterusnya sampai aku merasa sedikit tenang.

Tak lama setelah itu mobil suplierdatang membawa barang membawa barang pesanan Manang. barang yang mungkinterlalu banyak unutuk toko berukuran sedang ke punyaan Manang


" Kamu pesan boneka seginibanyaknya buat apa ?" di dalam toko kan masih banyak.

" Hahahaha. . . .buat stok lahTon, bentar lagi kan musim liburan sekolah, masa kamu gak tahu " sindirManang

" Iyaa deeh. . . .iyaa "kataku mengakhiri obrolan mengingat masih banyak barang yang harus diangkutdari dalam mobil suplier


Mata memang sedang tak melihat tapikuping ini masih awas untuk sedekar mendengar langkah kaki brisik dibelakangku.bodo amatlah aku masih banyak kerjaan, ini aja aku lagi kesusahan, gila benarnih si Manang...barang-barangnya segede gaban semua. Untung baru segede gabanbelum segede Transformer, repotkan kali ya jikalau besarnya segitu.


" Riiisaa..aaaa. . . . "ucap Manang dengan nada terkejut, saat dirinya menyadari ada sosok manusiacantik berdiri tepat dibelakangku dengan jarak sekitar setengah meteran.
Pantas wangi, ada cewek toh pikirku.

Risa yang sedari tadi  mengekor mendadak  mempercepat langkah kakinya, menyalipku dariarah kanan hingga posisinya memimpin tiga langkah didepanku.

" Mas pesananku sudah ada "tanya Risa kepada Manang yang masih mematung karena syok, syok karena tiba-tibaRisa datang pada hari libur karyawan. seperti bukan Risa yang biasanya, mungkinitulah yang terpikir oleh Manang menginggat Risa tidak pernah datang di harisabtu atau minggu. dia tahu persis hari itu pasti toko Manang tutup, tapi inikok?.

" Helllowww...Mas. . .pesanankugimana?? sudah ada belum ?? " Risa mengulang lagi kata-katanya lagi danlagi.

" Maas. .Mas Manang " Risamendekatkan wajahnya lebih dekat. . .emm wangi sekali, aroma tubuhnya sungguhwangi, matanya indah, giginya putih...wajahnya bersih bersinar...terangsekali..ohh apakah aku sedang melihat bidadari surga...tanpa sadar Manangmemonyongkan bibirnya seperti orang yang ingin mencium, di peganganya wajahRisa diusapnya lembut lalu...

*Plaaaakkk* tamparan maut si bidadaricantik berhasil mendarat dengan sukses ke pipi kiri Manang

" Wah siang-siang kok banyaknyamuk ya hehehe" ucap Risa dengan tatapan penuh makna

" Hoooh Ris, aku ambilin lotionanti nyamuk dulu ya! " Manang yang tak dapat menyembunyikan rasa malunnyalangsung berlari sekuat tenaga ke arah gudang tanpa memperhatikan kiri kananhingga ia menabrak beberapa barang yang sudah payah kutumpukan. hmm dasar bocahpayah yah.

Sekembalinya dari gudang Manangmembawa sesuatu untuk Risa. bukan lotion anti nyamuk yang ia janjikan melainkansebuah barang yang Risa inginkan. dengan nafas setengah payah Manangmenyerahkan barang pesanan Risa. sebuah barang yang mempunyai nilai historiesteruntuk Risa karna ia sudah lama menginginkannya. Boneka Pikachu edisiterbatas, yah Risa sudah memesannya pada Manang jauh-jauh hari dan barangnyabaru ada sekarang di toko manang tentunnya.


Rumor yang beredar boneka pikachuedisi terbatas itu hanya diproduksi 15 buah saja di seantero negeri, karenasuatu hal yang menyebabkan perusahaan itu bangkrut maka produksi bonekatersebut dihentikan. entah apa yang diperbuat Manang hingga ia bisa mendapatkanboneka langka tersebut..apakah karena cinta ia bisa melakukan hal yang takmungkin jadi mungkin? entah lah. lagipula itu bukan urusanku...aku belumtertarik untuk mengetahui apa itu cinta.


" Terimakasih ya mas baik bangetdeh" Risa tersenyum selepas mendapatkan apa yang ia mau, ia tampak begitusenang dengan mainan barunnya. manang pernah bercerita padaku dulu Risa pernahpunya boneka seperti itu tapi kini hilang entah kemana padahal boneka tersebutmerupakan kenang-kenangan terakhir dari almarhum neneknya dua tahun silam.

Heh, tunggu dulu seperti ada ganjalandihatiku! bagamana Risa bisa tahu bahwa pesanannya datang hari ini? bukankahdia tahu hari sabtu toko manang tutup??


Ah sudahlah, tidak baik terlalumencapuri urusan orang lain, lebih baik aku segera menyelesaikan pekerjaankulalu pulang untuk mandi. biasalah anak muda kalau malam minggu pasti bawaanyapengin ngelayab gak jelas hehehehe.


" Asiikkk tinggal sedikit lagi" aku menyeka keringatku dengan kedua sisi lenganku secara bergantian" Wahh banyak juga keringatku, itung-itung olahraga lah..semangatTonie...semaaangaat!! "


Aku berjalan menuju mobil suplieruntuk mengambil sisa barang terakhir, ku turunkan barang-barang  dari dalam mobil terlebih dahulu sebelumkuangkut masuk ke dalam toko. yah biar gampang gitu, nanti kan tinggal angkut danangkut selesai dah :), pikirku senang.


*Tiiiittt...Tiiitttttttt............Tiittt*suara klakson rombeng membuat konsentrasiku terganggu, sejenak aku biarkansuara itu terngiang-ngiang ditelingaku..karena aku masih berpikiran positif,siapa tahu dia memang sedang menguji bunyi klaksonnya yang rusak tapi lama-lamakok suara itu makin membuatku gerah, mana orangnya ketawa-tawa gak jelas lagi.terang saja aku jadi naik pitam.


Posisiku yang hanya berjarak beberapameter darinya memudahkanku untuk mengomel keras padanya, aku komplen akan suarabising yang ia timbulkan. aku berharap dia mau meminta maaf atas ulahnya namunapa yang kudapat dia malah mencaci makiku dengan segala macam hinaan sampaiseluruh mahluk kebun binatang dikeluarkan untuk menghinaku.

" Belagu benar nih monyet, barupunya motor bagus aja sudah rese apalagi kalau punya jet tempur super, wahhbisa makin gede super kepala si monyet"

" Hoiii banci...kok diem, majusini kalau berani, nih pukul..disini nih" si monyet menunjuk pipi kanannya

" Cuuuhhh..!!!" dia meludahimukaku setelah aku mendiamkannya.

" Brengsek nih si monyet mainludah sembarangan. oke kalau itu mau kamu, aku bakal ladenin" pikirku


Kumajukan langkahku, kucekik lehernyadengan tangan kiriku sedang tangan lainnya kugunakan untuk memukul wajahsombongnya secara bertubi-tubi. aku marah, aku kesal dan ini sudah tidak bisadibiarkan. biarlah tangan ini saja yang berbicara.

" Ampun mas..ampun" kata simonyet memelas

" Brisiik.....!!!" aku takmenghiraukan kata-katanya dan terus saja memukul tanpa ampun sampai Manang danRisa datang meleraiku

Bruukkk. . .!! si monyet terjatuh darimotor saat aku melepaskan cengkraman tanganku pada lehernya, segera setelah diaambruk ia mencoba bangkit untuk melawanku lagi tapi gagal karena ia tak cukuptenaga dan ambruklah ia dalam kekalahan.

" Dasar sok kuat" maki kupadanya

*Plaaakkk...* tanpa alasan yang jelasRisa menamparku lalu ia membantu si monyet untuk berdiri namun tak kuasa hinggaia harus meminta bantuan pada Manang.

" Kamu tahu gak dia siapa?!"bentak Risa sambil menitikan air mata

" Aku tidak peduli" jawabkuacuh

*Plaaaakkkk..." tamparan keduamendarat lagi di pipiku, tamparan kedua ini lebih keras dari yang pertama.rasanya begitu panas nan perih

" DIA COWOKKU BRENGSEEK!!...DIACOWOKKU...HIKSSS...HIKSSS" Risa menangis dihadapanku, ia tertunduk sambilmencengkram bajuku.

Aku terdiam dalam hanyutan isak tangisRisa, hatiku terasa perih melihat tangisan Risa, dalam hati sungguh tidak tegamembuat seorang wanita menangis namun disisi lain aku harus melakukan apa?.


Belum sempat aku minta maaf pada Risadan pacarnya sudah lebih dulu meninggalkan kami berdua. yah sekarang hanyatinggal aku dan Manang yang sedang terpana menyaksikan drama cinta merekaberdua.


*Ngeeeeeenggggggggg......*


" Kenapa Risa memilih cowokseperti itu untuk jadi pendampingnya. . .?? Padahal cowok itu brengsek. . ." gumanku serius

" Karena dia tampan Ton, bahkansuper tampan layaknya Artis Korea Lee Min Ho. . . semua wanita pastitergila-gila padanya, ia tampan dan aku jelek. . .iyaa.. . .aku ini . . .jelek. . . " kata Manang lesu seraya menarik bajuku dengan paksa agar aku maumengikutinnya masuk ke dalam toko

" Tapi dia kan brengsek. . . ." kataku menegaskan

" Yaaah. . .aku tahu. . .akusangat tahu. . ." Manang menghentikan langkahnya tepat di depan pintutoko, ia melepaskan cengkramannya lalu masuk dan *Braakk* membanting gagangpintu toko dengan keras

" Cinta itu Aneh yaah. . . .??" dengusku keatas seraya ikut masuk kedalam toko


****************




BAB IV


Lost Angel


Andai saja waktu bisa diulang, pastiaku takkan pernah melakukan hal bodoh yang berdampak besar bagi sahabatku,karena ulahku mungkin Risa enggan berkunjung ke toko manang lagi, karena ulahkusahabatku jadi sering uring-uringan memikirkan Risa.

Kenapa cinta begitu membuat orangmenderita? begitu hebatkah cinta sampai membuat sahabatku hampir gilakarenanya?. aku benar-benar tak mengerti cinta padahal aku sudah dewasa. apaitu cinta? aku belum pernah merasakannya.


" Si Monyet beruntung sekali yabisa mendapatkan gadis seperti Risa, aku sedikit iri !" batinku


Semenjak insiden pemukulan minggu laluRisa kini menghilang entah kemana. aku sudah mencari informasi kesana kemaritapi tetap saja hasilnya



Nihil. . .


Nihil. . . .


dan Nihil. . . .


Kemanakah aku harus mencari sang gadisbidadari? haruskah aku mendaki pohon kacang agar sampai ke istana langit lantaskujemput paksa sang gadis bidadari agar ia mau pulang denganku? lalu setelahitu baru ku persembahkan untuk kawanku Manang yang tengah bermuram durja karenaditinggal sang pujaan hatinya. Ohhh Shit kenapa aku jadi ikutan frustasi sih?SIAAAL !!.


" Yaa...Tuhan berikan aku sedikitpetunjuk tentang keberadaan Risa. . . .Amiiinnn " doaku dalam kepasrahan,sungguh aku tak mampu melihat sahabatku sedih. aku ingin melihatnya ceriaseperti sebelum-sebelumnya. aku akan melakukan apa saja untuk sahabatku.



Selepas mengisi bensin aku kembalimelakukan aksi pencarian Risa. naluriku berkata hari ini aku akan bertemudengannya. .sang bidadari jelita bernama Risa Dwi Sefiani.



Meski hari sedang turun hujan toh akutetap paksakan perjalanan ini. sudah kepalang tanggung jadi sangat disayangkanapabila tidak teruskan, basah ya basah sekalian. gumanku lirih.
aku percaya pada naluriku kok, akupercaya hari ini aku akan bertemu dengannya. Oke Tonie jangan lagi buangwaktumu yok kita terjang halang rintang di depan.


"Majuuuuuuuuuuuuu...!!!"Seruku menyemangati diri.


*Ngeenggg.......!!!"


Menjelang petang perjalananku sedikittertunda karena ada panggilan jiwa tatkala kedua pasang ini menyaksikan seorangwanita tua yang sedang bergelut dengan kekusahaan karena barang bawaanya. belumlagi ojek yang ditumpanginya mogok ditengah jalan tambahlah beban deritannya.aku yang tanpa pikir panjang ini langsung menawarkan diri untuk menolongnya,aku pikir mungkin ini memang jalan  Tuhanyang digariskan padaku.


" Tuhan punya seribu macam carauntuk membantu umatnya. . .bahkan dengan hal tak terduga. dibalik cobaan pastiada hikmahnya "

Setelah aku berhasil mengantarkanwanita tua itu sampai tujuan aku menemukan hal yang luar biasa. aku tak percayalewat wanita tua itulah akhirnya aku bertemu Risa. Yah benar mataku memang taksalah melihat, itu benar Risa dan Aku berhasil menemukannya. Ya Tuhanterimakasih engkau telah mengabulkan doa hambamu ini. aku sangat berterimakasihpada sang wanita tua tersebut hingga tanpa sadar aku reflek memeluknya.


" Yes, Akhirnya....akumenemukanmu" Aku meloncat kegirangan.

"Cihuuuuuuuuuy.........!!"


***********




BAB V


I Should be Angry


Rasa senang karena telah bertemu Risaaku tularkan ke sahabatku lima belas jam kemudian. aku terlalu lelah untukmenyampaikan hari itu juga. aku simpan berita itu untuk keesokan paginya. akuanggap itu bagian rencana kejutan teruntuk Manang.

" Dull kamu dandan yang cakep yaaku mau ajak kamu kesuatu tempat. kemarin aku dapat berita hebat loh"ucapku lewat telepon sebelum aku menjemput Manang. aku ingin manang terlihattampan di depan Risa. aku ingin dia tampil sempurna.


" By the way kita mau kemana sih,kok aku disuruh pake pakaian gini" tanya manang sedikit ragu.

" Udah gak usah bawel, tinggalnurut aja nanti juga tahu kok, pokoknya istimewa deh !"

" Se..seeriuus nih Ton"tanyanya lagi

" Dua rius malahan...atau empatrius kali ya hehee" kataku sambil membenarkan kerah baju Manang kurangperfect

" Nah ini baru bener...begini kancakep" aku mengacungkan dua jempol


Beres akan segala macam persiapan akulangsung menstater motor jantanku dan...........*Ngeeeeeeeeeeeeeeengg* akuberangkat menuju gedung putih bertuliskan; Rumah sakit umum. sudah hampirseminggu ini Risa dirawat dirumah sakit akibat kecelakaan lalu lintas yang iaalami bersama pacarnya. Risanya parah sedangkan pacarnya baik-baik saja bahkanbisa kabur tanpa rasa dosa.

" Dasar manusia brengsek..."umpatku dalam hati


Kenapa Risa bisa memilih lelakipengecut macam itu, sudah nabrak...lari pula. Gila aja. Risaa--Risa apa kamubenar-benar dibutakan oleh cinta sampai kamu tidak tahu mana yang mencintaimudengan tulus dan mana yang mencintaimu dengan penuh kepalsuan.

" Nah kita sudah sampainih..buruan gih turun, berat tau" omelku pada Manang yang terlihatogah-ogahan.

" Loh kok kesini? emang siapayang sakit Ton" tanyanya heran

" Udah masuk aja...nanti jugatahu kok" tariku paksa tanpa penjelasan apapun.

Namanya juga kejutan, ya beginilahcaraku memberi kejutan pada sahabatku memang agak kasar sih tapi aku jamin inipasti berkesan. puas menarik paksa Manang sampai kedepan pintu kamar Risasegera saja aku tendang bokongnya sampai jatuh tersungkur di samping kiritempat tidur Risa.


" Bereeng................."ucapan Manang terhenti seketika ia melihat kaki jenjang putih datangmenghampirinnya seraya mengulurkan tangan untuk menawarkan bantuan. ia kenaltangan itu, ia kenal dengan aroma parfum yang sering ia cium ditokonya.bukankah ini wangi parfum Risa? pikir Manang mantap.

" Mas Manang kan" Risamenarik tangannya selepas manang menjabat tangan Risa dengan erat

"Riiii...Ri....saaaa......." Kata Manang sedikit terbata-bata

" Iya Mas........" jawabRisa dengan senyum termanisnya.

" Seeeseee...jaaak Kaaa..paaaanRisss"

" Mas Manang kenapa sih, kok jadigagap gitu, biasa aja kali mas" Risa terkekeh melihat glelagat Manang.

Yaah..kok jadi malah kaya nonton dramasih. "ohhh adinda rasanya kita sudah lima ratus abad tidak bertemu, akurindu engkau wahai adinda". "Ohh betulkah kakanda aku juga sangatrindu pada kakanda yang imut". Hahahhahah BULLSHIT !!. sudahlah lebih baikaku tinggal saja mereka berdua. toh mereka sudah sama-sama dewasa.


Untuk : Manang (089xxxxxxx)
Dull...kalau butuh apa-apa sms aja ya!
aku lagi ada diruang melati nomor 04
lagi jenguk Ibu yang ku tolongkemarin.

cklik.......... pesan terkirim ke nomor Manang


Aku sama sekali tak punya urusandengan Risa jadi aku memilih untuk pergi keruangan Ibu yang kemarin ku tolong.kebetulan ruangannya tak jauh dari ruang rawat Risa. hanya berjarak beberapablok saja.

Aku prihatin dengan kondisi anak ibuitu yang katanya merupakan korban tabrak lari. aku terlalu kepo untuk tahucerita ibu itu lebih lanjut mengingat kemarin aku sangat terburu-buru karenaada pekerjaan rumah yang harus kuselesaikan sore itu juga.

" Makasih ya nak ataspertolongannya kemarin, entah Ibu harus membalas dengan apa" kata Ibu ituseraya menitikan air mata

" Ahh, gak usah sungkan bu,namanya manusia kan memang harus tolong menolong..hehehhee" balasku ringan


Masih dengan tetasan air mata yangjatuh membasahi pipi Ibu itu akhirnya menceritakan kronologis kejadian tabraklari yang dialami anak semata wayangnya. kejadiannya sudah hampir seminggu tapimemori itu masih lekat dalam ingatan karena pada saat kejadian si anak sedangbersama Ibunya; menjajakan kue di pinggir jalan seperti biasa, Ibu itu samasekali tak mengira bahwa hari itu ia dan anaknya akan terkena musibah hinggaanaknya dirawat seperti ini.

Parahnya lagi pelaku tabrak laritersebut tak lain adalah pacar dari Risa alias si Monyet Brengsek. sekarangsemuanya jadi gamblang karena identitas si pelaku telah ketahuan.


" Brengseeekk..... ini sungguhtak bisa kumaafkan. MONYEET SIAAALAAANNN !!" Dadaku terasa sesak saat akumencoba membayangkan peristiwa tersebut. Aku marah, aku kesal dan aku inginsekali meninjunya di bagian kepala agar dia tahu rasa.


Laki-laki semacam itu memang harusnyadibina ( BINASAKAN DARI MUKA BUM I)



******************







BAB VI


Aku Adalah KARMA

Amarahku benar-benar sedang diujibelum genap seminggu aku mengumpat si Monyet eh dia sudah bertingkah lagidengan sengaja membakar toko Manang hanya karena dia merasa cemburu Risa dekatdengan Manang. menurut saksi mata si monyet yang bernama Rian itu melakukanaksi bejatnya bersama gerombolan tengiknya.


Dasar manusia tidak punya otak. cumangara-gara cemburu sampai hati ia bakar toko hasil jerih payah temanku.Pengecut.


Berbekal Secarik pemberian saksi mataaku mulai menyambangi tempat-tempat persembunyian si Monyet. aku sedikitberuntung karena sang saksi mata dulunya adalah supir pribadi ayahnya jadi dialumayan tahu banyak tentang kelauarga tersebut termasuk tempat yang biasa siMonyet dan gerombolannya sambangi.



Aku akan menjadi karma bagimu.........Akuadalah hukum yang adil bagimu.......Akulah malaikat mautmu. larilah wahai oranghina niscaya aku akan tetap menemukanmu meski kau lari keneraka sekalipun.


" LET'S FIGHT BASTRAD !!"


" I WANT TO KILL YOU"


Pencarianpun dimulai satu persatu tempatyang terterera di atas kertas itu telah kudatangi tapi hasilnya masih nihil.aku belum menemukan tanda apapun tentangnya. aku harap dia ada ditempatterakhir; tempat ketujuh.


"Aku tahu...aku pasti bisamenemukan si manusia brengsek itu" Laju motorku kusetel pada modekecepatan penuh mengingat hari sudah hampir petang.



******


Lapangan Basket Terbuka, Pukul 19.38WIB

Seringai jahat memancar terangdiwajahku tatkala aku melihat si monyet brengsek berserta grombolannya tengahasik bermain basket di tempat ketujuh. aku senang sekali pada akhirnya aku bisamelemaskan sedikit otot-ototku yang kaku karena terlalu lama menganggur.

" I'M SORRY RISA....BUT I MUSTDOIT IT"

" LET'S KICK YOURDARLING........"

Bermodal besi panjang berukuransetengah meter aku berjalan secara mengendap-endap ke arah lapang. akuberencana memukul mereka dari belakang. tak peduli aku berlaku curang. iniadalah pertarungan jalanan siapa curang dia menang, persetan dengan kejujurandan sportifitas.


*BUUUUUkkkkk.........BUKKKKKKKKKKK....BUKKKK!!!*

Aku memukul mereka tepat pada tengukmereka dilanjutkan dengan pukulan yang kuarahkan ke kaki agar mereka susahuntuk melarikan diri. sekali dayung dua tiga pulai terlampui. jurus-juruskenjutsu (pedang) yang kupelajari semasa SMP ternyata sangat berguna. lihatlahmereka kini tengah merintih kesakitan. akibat jurus-jurusku.


" I dont care"

" Mampus kau anjing"

*Buukkkk......*

Haaahaaaa.....aku tertawa puas melihatmereka berdarah, tujuh orang tak berdaya menghadapiku yang seorang diri bahkanmereka merengek minta ampun. oh my God yang benar saja, dendamku tidak berakhirbegitu saja hanya karena rengekan bayi, aku masih marah pada mereka.


" Minta maafmutelaat....Anjing..!" sekali lagi aku memukili para bajingan tengik yangtak tahu diri tersebut. " Dasar lemah..sekarang baru minta maaf, kemanasaja kalian selama ini hah ! "


" Tolong jangan pukuli kamilagi...kami minta maaf" Rengek salah seorang dari mereka sambil memegangikaki kananku

" Minggirr!" bentakku keras.

Si monyet yang sok kuat mencoba berdiriuntuk melawanku, dengan langkah terseok dia menghampiriku, bersiap untukmenyerangku dengan sebuah batu yang ia temukan tergeletak bebas disampingnya.


# Kloontaaannng #

Kujatuhkan besi milikku agar aku bisaleluasa memukul wajah brengseknya dengan tanganku sendiri. aku angkat tangankananku dalam posisi siap memukul. tanpa senjatapun aku pasti bisa menang mudahkarna aku adalah karma baginnya...aku adalah takdir kekalahannya

"AKU ADALAHKARMAAAAA.......!!!!"

*DUAAAAKKK*

Pukulan kerasku telah mengahalahkannyadengan telak, kini ia kembali tersungkur tanpa bisa bangkit lagi. sialan akutelah mengotori tanganku dengan darah si brengsek itu. *Cuiihh* aku meludahinyaselepas itu pergi meninggalkan mereka begitu saja tanpa mempedulikan nasibmereka. berterima kasihlah aku tak membunuh kalian. selamat tinggal brengsek!.



" Aa...kuu akaan melaporkanmu kepolisi" Si monyet mewanti-wantiku

" Lakukan saja...lakukansesukamu, aku bukanlah pengecut seperti kalian" Aku berjalan tanpamenengok mereka lagi.



*************************



BAB VII


Takdir Seorang Pria


Berita pemukulan anak pejabat bernamaRian cepat menyebar kepenjuru kota dan dilakukan penyidikan selama satu mingguhingga akhirnya polisi menetapkanku sebagai tersangka atas tindak kejahatanterhadap anak pejabat tersebut.


Aku sudah berjanji pada diriku bahwaaku takkan lari bahkan aku akan menyerahkan diri tapi nanti setelah akupastikan si monyet dan gerombolannya tidak berulah lagi.


Dua hari lalu hari lalu Manangmengabariku bahwa Risa sudah bisa pulang, dia mengajaku untuk bertandangkerumahnya tapi aku menolak. statusku yang masih buron bukanlah hal baik untukManang. sebisa mungkin aku harus menghindar dari Manang agar tak menyebabkanmasalah baginya.

" Aku akan menjadi penjagamu kawan...selalu"kataku pada Manang tempo hari



1 pesan diterima
dari : Manang

" Datanglah kapanpun kamumau"
Rumahku selalu terbuka
untukmu, sahabat sejatiku

Aku tahu kau peduli kawan dan aku tahuengkau adalah sahabat terbaikku....Terima kasih karena kamu masih pedulipadaku, itu sangat cukup.






4 Bulan Kemudian....


Polisi belum berhasil menangkapkupadahal aku tidak berlari jauh, aku hanya berputar-putar disekitar Purowkerto.. .payah yaah. . .  bahkan empat harisekali aku berkunjung ke toko Manang hanya sekedar menanyakan kabar tentangdia, keluarganya dan Risa.


Aku tidak punya keluarga dipurwokerto, bahkan di indonesia sekalipun. disini aku hanya tinggal seorangdiri tanpa saudara ataupun orang tua. dulu niatku datang kesini hanyalah untukmenemui kakekku yang asli orang sini. semasa TK sampai lulus SD kakeklah yangmerawat dan menemaniku tanpa mengenal waktu.

Perasaan rindu inilah yang membuatkumengambil keputuskan untuk menemui beliau meski aku harus menempuh perjalananjauh dari kampung halamanku hingga ke kota ini; kota Purwokerto. kota kelahirankakekku.


Aku berencana mengunjungi makamnyasebelum aku benar-benar pulang ke kampung halaman. Yah kakekku memang telahtiada bahkan setahun sebelum aku datang ke kota ini. 


" Apa kamu nantinya benar-benarakan pulang ke negaramu Ton" tanya Manang dengan berat hati "Kenapakamu gak tinggal disini lebih lama lagi?" lanjutnya dengan suara lirih.

" Keputusanku sudah bulat dul,aku sudah terlalu lama disini...biar bagaimanapun aku punya keluarga yangkurindukan disana."

" Ini sudah tiga tahunloh.." sambungku lagi

" Baiklah kalau itumaumu...akupun akan mencoba mengerti" katanya seraya memelukku lalumembisikan sebuah kalimat yang baik untukku. Ia sudah menggangapku sebagaisaudara kandungnya sendiri meski aku ini hanyalah orang asing yang numpanglewat dalam hidupannya.

" Hubunganmu dengan Risa sudahsampai tahap mana dull?" tanyaku menyelidik


Manang terdiam lalu mendengus keatassungguh kebiasaan yang susah dihilangkan sama sepertiku, akupun terkadang  melakukannya. bagiku kebiasaan tersebutmerupakan hal wajib yang musti dilakukan dikala otak sedang mengalamikegundahan.


" Dia memilih untuk tetap bersamaRian ton, apapun yang kulakukan sepertinya percuma, dia tetap saja balik keRian lagi dan lagi. . ." kata Manang dengan tatapan menyedihkan khas orangpatah hati

" Jadi dia balik lagi sama sibrengsek itu. . ." nadaku mulai meninggi

" Bagaimana mungkin. . .dia itukan. . . . " aku terdiam ketika Manang mengisyaratkanku untuk berhentibicara


" Dia sudah banyak berubah ton,dia tak lagi brengsek kok. .perlakuanmu malem itu mungkin menyadarkannya dankini dia bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. dia bahkan menanggungsemua biaya perawatan anak ibu itu, membangun kembali tokoku, dan yang terakhirdia berkata akan mencintai Risa dengan sepenuh hati.

" Tapi kan. . . " akumencoba memotong penjelasan Manang tapi lagi-lagi dia menyuruh untuk tidakberkomentar sampai dia selesai menjelaskan

" Yaah. . .pokoknya dia sudahbanyak berubah dan itu sangat baguskan. . . ?" Manang terlihat dewasadengan apa yang dikatakannya

" Semua manusia punya dosa danapabila ia berusaha menjadi lebih baik dari hari sebelumnya maka dia layakdisebut manusia yang beruntung " kata Manang mengakhiri dialog kami petangitu itu


Cinta memang tak harus memiliki danjika memang dia bener-bener sayang padamu pasti dia akan merelakanmu bahagiadengan yang lain begitukan dull. .maksudmu kamu merelakan Risa bersandingdengan Rian meski itu menyakitkan

Hah. . .rupanya kisah ini sudahberakhir yaaah. . . .ending yang bener-bener mainstream yaah. . .kalo begituaku pun harus bertanggung jawab atas perbuatanku.

Aku rasa masuk penjara bukan sesuatuyang buruk, bisa saja sih aku membebaskan diriku dengan tebusan uang karenasebenarnya keluargaku lebih kaya dari keluarga Rian, tapi itu takkan kulakukan. aku pantas mendapatkan ini setelah bebas nanti aku akan pergi ke LosAngles dimana semua keluargaku ada disana

Disini aku hanyalah orangasing..........orang asing yang numpang lewat. ada masanya bertemu pasti adamasanya pula untuk berakhir. aku sangat bersyukur telah banyak dibantu olehkeluarga Manang.



" Maafin aku Yah, Maafin aku Bun,Aku telah jadi anak durhaka dengan kabur ke Indonesia. . . "

" Selepas bebas nanti aku pastiakan kembali...........kesana..ke kampung halamanku"

" Los Angles............!"


Jodoh, Rejeki, dan kematian adalahrahasia Tuhan niscaya jika aku bisa mengintip jodohku aku takkan melakukannya,biarlah itu menjadi kejutan dalam hidupku.

Pada akhirnya Manang tidak berjodohdengan Risa namun disisi lain ia menemukan cinta yang sesungguhnya dari salahsatu gadis yang bekerja di toko Manang tersebut. Ia memang tidak cantik sepertiRisa namun Manang tampak bahagia dengannya.

Tuhan tidak memberikan apa yang kitaingin kan melaikan Tuhan memberi apa yang kita butuhkan

Terimakasih Manang.....Terimakasihatas waktu tiga tahun ini

" I LOVE YOU INDONESIA"

                                                                       

 TAMAT





Oleh : Tonie & Manang


0 Komentar untuk "Cerpen Unik : Let's Kick Your Darling"

Back To Top